Operasi Lilin 2018 Bertujuan Kurangi Angka Kejahatan

Operasi Lilin 2018 Bertujuan Kurangi Angka Kejahatan

Operasi Lilin 2018 Bertujuan Kurangi Angka Kejahatan – Sekitar 94.946 personil Polri akan dikerahkan untuk Operasi Lilin 2018. Ada 13 lokasi yang masuk dalam prioritas pengamanan.

“Salah satunya pointer Pak Kapolri dalam rencana Operasi Lilin ini, Polri mengerahkan 94.946 personil. Kami mempunyai 13 polda prioritas, ini kami kira kekuatan kerawanan cukuplah tinggi dalam beberapa segi kejahatan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan hasil rapat analisis serta pelajari (aneh) Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Kejahatan yang disebut, lanjut Dedi, ialah kejahatan konvensional serta transnasional. Dalam kelompok kejahatan transnasional, penyelundupan narkoba serta terorisme jadi perhatian pengamanan.

“Spesial narkoba kami menguatkan pintu masuk serta keluar orang ataupun barang di luar negeri, termasuk juga menguatkan kehadiran anggota Polri serta TNI untuk lakukan pemantauan di lokasi perbatasan baik perbatasan laut ataupun darat,” jelas Dedi.

“Untuk darat, terutamanya di lokasi Kalimantan itu Kalimantan Barat serta Kalimantan Timur ini adalah daerah yang kami kira merah pada penyelundupan narkoba,” lanjut Dedi.

Selain itu untuk lokasi riskan masuknya narkoba lewat jalan laut diantaranya Aceh, Riau serta Kepulauan Riau. “Mengapa lokasi laut? Sebab garis pantai tidak semua dapat diawasi, begitu panjang mulai dari sabang sampai ke bawah.”

Dedi menyatakan, pengamanan di pelabuhan akan dipertebal untuk menghadapi masuknya narkoba.

“Baik pelabuhan sah ataupun pelabuhan tikus, kita awasi,” kata Dedi.