PAN juga yakini Taufik akan kooperatif dalam kontrol masalah ini

PAN juga yakini Taufik akan kooperatif dalam kontrol masalah ini – Wakil Ketua DPR yang Waketum PAN Taufik Kurniawan diputuskan menjadi terduga dalam masalah pendapat korupsi Dana Alokasi Spesial (DAK) fisik pada APBN-P 2016. PAN juga yakini Taufik akan kooperatif dalam kontrol masalah ini.

“Kita prihatin tetapi kita hormati proses hukum yang berjalan. Kita yakinkan Pak Taufik Kurniawan patuh azas, patuh ketentuan serta kooperatif dalam kontrol,” tutur Sekjen PAN Eddy Soeparno pada wartawan, Selasa (30/10/2018).

PAN juga menurut Eddy memberi dukungan KPK untuk menyelesaikan masalah yang menyertakan Bupati Kebumen Muhamad Yahya Fuad itu. Akan tetapi PAN minta supaya KPK tidak tebang pilih dalam menginvestigasi masalah korupsi.

“Kami memberi dukungan KPK yang sampai kini jadi penegak hukum yang dipercayai publik untuk ikut menyelesaikan masalah hukum yang lainnya ikut, hingga tidak tebang pilih,” ucapnya.

Walau demikian, DPP PAN belumlah membuat perbincangan dengan pihak Taufik Kurniawan masalah permasalahan ini. PAN siap menolong memberikan pertolongan hukum jika disuruh.

“Kita belumlah bicara, misal kita disuruh kita akan sediakan,” papar Eddy.

Awal mulanya dikabarkan, KPK menginformasikan status hukum Taufik Kurniawan yang dihindari ke luar negeri semenjak waktu lalu. Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Taufik yang mewakili Dapil Jawa Tengah disangka terima sekurangnya uang sebesar Rp 3,64 miliar.

“Sesudah pelantikan (menjadi Bupati Kebumen), MYF (Muhamad Yahya Fuad) disangka lakukan pendekatan pada beberapa pihak termasuk juga anggota DPR, diantaranya TK (Taufik Kurniawan),” papar Basaria.

“MYF disangka menyanggupi fee 5 % itu lalu minta fee 7 % pada relasi di Kebumen. Disangka TK terima sekurangnya sebesar Rp 3,64 miliar,” imbuhnya.