PKS Jelaskan Alasan Perihal Janji Penghapusan Pajak Motor

PKS Jelaskan Alasan Perihal Janji Penghapusan Pajak Motor

PKS Jelaskan Alasan Perihal Janji Penghapusan Pajak Motor – PKS janji akan menghilangkan pajak sepeda motor bila menang Pemilu 2019. Wakil presiden Jusuf Kalla (JK) ragu dengan janji itu karena pembangunan daerah banyak yang memercayakan pajak kendaraan.

“Jika di hilangkan, bagaimana triknya bangun daerah?” bertanya JK waktu diminta respon masalah janji kampanye PKS itu di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).
Ia lantas menguraikan, ada daerah yang 60-70 % penghasilan aslinya datang dari pajak kendaraan. Tapi rata-rata memang 50 %.

“Sedang itu, ini pajak motor atau semakin banyak mobil, jalan mesti diperbaiki, jalan diperlebar, mesti membuat fly over, beberapa macam mesti dibikin untuk melayani sepeda motor atau mobil yang banyak ini,” kata JK.

Awal mulanya, janji PKS itu ikut disanggah oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Akan tetapi PKS masih menjaga gagasannya dengan dalih untuk mengurangi beban penduduk.

“Sebab manfaat motor sekarang ini relatif begitu penting buat penduduk, jadi lumrah bila dikasih stimulan. Sampai kini stimulan pajak cuma di nikmati oleh beberapa orang kaya seperti tax amnesty dan sebagainya,” kata Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin.